Friday, December 05, 2008

LULUSAN KOMUNIKASI HARUS BERANI, BRUTAL DAN GILA

prospek ilmu komunikasi ke depan dalam dunia kerja

YOGYAKARTA, raft282.blogspot.com – Saat ini lulusan perguruan tinggi bidang ilmu komunikasi sangat dibutuhkan di dunia kerja. Peluang untuk memasuki dunia kerja sangat besar namun lulusan Komunikasi selain harus mempunyai kemampuan, diharapkan juga mempunyai sifat berani, brutal dan gila.

Hal itu disampaikan oleh Freddy Febrison (23), pendiri Dapur Ngebul Advertising saat menjadi pembicara dalam talkshow “Prospek Ilmu Komunikasi Ke Depan” yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMAKOM) UPN “V” Yogyakarta pada Selasa (25/11) sebagai bagian dalam acara Communication Expo 2008 di Fisip UPN”V” Yogyakarta. “Berani dalam artian kita harus berani berimajinasi, brutal yaitu harus berani berimajinasi luas tanpa terpengaruh suatu aturan, dan gila dalam artian imajinasi kita harus baru dan lain dari yang lain”, tegas Freddy yang juga salah satu alumnus UPN “V” Yogyakarta angkatan 2002.

Sebagai lulusan komunikasi yang bergerak dibidang advertising atau periklanan Freddy sudah malang melintang di Yogyakarta, Dapur Ngebul Advertising yang diusungnya sudah mulai dikenal oleh masyarakat. “Saya mulai mendirikan Dapur Ngebul dari mulai duduk di banguku kuliah, berawal dari kumpul – kumpul bersama teman – teman kemudian tercetuslah ide untuk membuat Dapur Ngebul”, ujarnya saat ditanya dari mana ide membuat Dapur Ngebul muncul seusai acara selesai.

Hal senada juga disampaikan oleh Sihar Hariandja (27), selaku Redaktur Pelaksana News anchor Jogja TV yang juga menjadi pembicara dalam acara tersebut. “Lulusan Komunikasi harus mempunyai minat, keingintahuan yang tinggi, dan memiliki kreativitas yang tinggi”, Ujar mas Har, panggilan akrabnya yang juga lulusan dari UPN “V” Yogyakarta angkatan 1999. Menurutnya Mahasiswa komunikasi juga memerlukan pengalaman di luar perkuliahan. “Saya selama masa aktif kuliah, nyambi kerja di Radio 68H dan beberapa tempat lain, untuk mengasah insting jurnalistik saya, namun harus bisa membagi waktu agar kita tidak keteteran”, tegasnya lagi.

PR atau Public Relation, juga merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari Ilmu Komunikasi yang ada di UPN”V” Yogyakarta selain Jurnalistik dan Advertising. Tak jauh berbeda dengan Sihar Hariandja, Vera Leonidya (21), selaku PR Hotel Santika Yogyakarta juga berkomentar. “PR adalah wartawannya perusahaan tempat kita bekerja” ujar Vera yang juga menjadi pembicara dalam acara talkshow tersebut. Selama ini kita sebagai masyarakat umum mengetahui bahwa Brand Image dari seorang PR adalah bersih, rapi, cantik, dll. Namun baginya semua itu adalah keliru. “Bersih, rapi, cantik atau ganteng itu adalah salah satu penunjang, namun seorang PR yang baik dia harus mempunyai 3B yaitu Brain, Beauty, dan Behavior” tandas Vera yang juga lulusan dari UPN “V” Yogyakarta angkatan 2004.

Tidak Senang Hitung – hitungan

Menurut Freddy, Ilmu yang didapat dimasa kuliah hanya merupakan basic atau tingkatan dasar, Untuk mengasah dan memperdalamnya dibutuhkan pengalaman di luar kuliah. Saat ditemui seusai acara, Freddy dengan panjang lebar bercerita “Saya tertarik masuk komunikasi karena, tidak senang hitung- hitungan, namun karena dari situlah saya menemukan jati diri saya” ujarnya bersemangat.

Berbeda dengan Freddy, Vera menceritakan awalnya justru ia bercita – cita menjadi dosen. “Saya bercita – cita menjadi dosen, namun jadi tertarik menjadi PR karena melihat para senior – senior yang keren – keren, dan bisa banyak relasi dengan media”, ujarnya. Hal ini berbeda sekali dengan Sihar Hariandja, ia mengaku bahwa masuk jurusan komunikasi karena di iming – imingi oleh teman – temannya. “Saya masuk komunikasi karena di Imingi – imingi oleh teman – teman, katanya di UPN ada lapangan futsalnya”, ujarnya sambil tertawa lebar.

UPN “Veteran” Yogyakarta adalah salah satu perguruan tinggi terkemuka di Yogyakarta yang membuka prodi Komunikasi. Penjurusannya yaitu bidang Jurnalistik, Public Relation, Advertising. Menitikberatkan agar Mahasiswa memiliki kemampuan dalam bidang – bidang tersebut diatas, dan agar mampu memasuki dan bersaing dalam dunia kerja yang sesungguhnya. Dari ketiga pembicara dalam talkshow diatas sudah membuktikan bahwa mahasiswa lulusan UPN”V” Yogyakarta mampu memasuki dan bersaing di dunia kerja.

No comments:

Artikel Sejenis

Kata Adalah Senjata Copyright © 2008 by raft282 Template by Dicas Blogger
 

Kata adalah Senjata © 2008 Template by Dicas Blogger.

TOPO