Sunday, January 18, 2009

Demam Futsal di Yogyakarta

Olahraga yang menjadi gaya hidup perkotaan

YOGYAKARTA, raft282.blogspot.com - Futsal di kota Yogyakarta, saat ini telah menjadi salah satu olahraga favorit terutama bagi anak muda, tidak hanya untuk kaum laki – laki, kaum perempuan pun turut menyukai olahraga ini, Minggu (11/1). Awalnya, hanya ada beberapa tempat futsal di kota Yogyakarta. Salah satu pelopor tempat futsal yang komersil adalah Next, terletak di Jalan Urip Sumohardjo, Yogyakarta.

Tempat lain yang sering digunakan oleh para penggemar futsal, dengan biaya sewa lapangan yang lebih murah berkisar antara Rp. 80 rb – Rp. 125 rb yaitu di Centro Futsal Seturan, gelanggang olahraga mahasiswa di beberapa kampus seperti AMP dan UGM, lapangan indoor Kridosono serta SMU Bhinneka. Sekarang hampir di sekitar kampus seputaran kota Yogyakarta berdiri tempat futsal.

Futsal sendiri diciptakan di Montevideo, Uruguay, pada tahun 1930 oleh Juan Carlos Ceriani. Keunikan Futsal mendapat perhatian di seluruh Amerika Selatan, terutama di Brasil. Ketrampilan yang dikembangkan dalam permainan ini dapat dilihat dalam gaya terkenal dunia yang diperlihatkan pemain-pemain Brasil di lapangan berukuran biasa. Pele, bintang terkenal Brasil, contohnya, mengembangkan bakatnya di Futsal.

Di kota Yogyakarta, futsal mulai marak sejak awal tahun 2007. Berawal dari hobi, terbentuk komunitas penggemar futsal, meningkat menjadi suatu gaya hidup, kini futsal telah menjadi olahraga yang popular di kalangan anak muda.

Komunitas karyawan XL Centre di bilangan Jalan Mangkubumi, Jakarta, adalah salah satu komunitas futsal yang rutin bermain di sela sela kesibukan bekerja. Ardi, (24) Operator Call Centre XL tersebut, mengaku rutin bermain futsal tiap 1 minggu sekali di hari minggu.

“Awalnya kami bermain futsal hanya sedikit anggotanya, namun semakin hari banyak dari karyawan juga ikut gabung bermain futsal, bahkan sekarang di kantor kami tiap divisi sudah mempunyai tim masing –masing, jadi kami rutin untuk bertanding” ujarnya

Yang menarik dari komunitas futsal ini adalah, yang biasa datang tidak hanya dari karyawan pria, namun juga dari karyawan wanitanya. “Yang cowok main, yang cewek jadi supporternya, jadi nggak bete, mas. Asyik jadinya, main sambil ada yang meneriaki” ujar Ardi yang mengaku sudah dari tahun 2007 bermain futsal.

Supporter aktif dari komunitas ini, tak lain adalah Andriyani (27), mengaku ia memang termasuk penggemar sepakbola, namun karena ia takut untuk menonton pertandingan bola di stadion, ia pun beralih menonton pertandingan futsal. “Lebih enak nonton futsal, aman dan pastinya seru. Makin seru kalau ada pertandingan persahabatan dengan divisi lain, kami makin kenceng teriaknya” ujarnya bersemangat. Ini menjadi salah satu bukti bahwa olahraga ini lambat laun bisa menjadi gaya hidup. Tidak hanya dinikmati oleh kaum pria namun juga kaum perempuan.

Saya pasti nonton kalau teman – teman main futsal, saya senang dengan olahraga ini, walaupun tidak main, tapi futsal memberikan manfaat ganda, sehat dan senang” ujar Andri yang mengaku ingin sekali bermain futsal.

Alfian (22), seorang penggemar futsal, ia mengaku rutin bermain futsal 1 kali dalam seminggu bersama teman – teman satu kampusnya. “Awalnya saya main futsal tahun 2007, namun karena biaya sewa lapangan pada saat itu masih mahal jadi kami jarang bermain rutin. Beda kalau sekarang, sudah banyak pilihan. Jadi kami main biasanya menyesuaikan budget, maklum anak kost” ujar Alfian yang juga mahasiswa Akutansi STIE YKPN ini.


‘’

Yang cowok main, yang cewek jadi supporternya, jadi nggak bete, mas. Asyik jadinya, main sambil ada yang meneriaki” ujar Ardi yang mengaku sudah dari tahun 2007 bermain futsal.


Alfian mengungkapkan selama ia bermain futsal banyak perkembangan yang terjadi dalam olahraga yang satu ini, meningkatnya animo masyarakat khususnya anak muda dalam bermain futsal lebih dikarenakan keterbatasan arena olahraga yang ada di Yogyakarta, imbasnya arena futsal yang sesuai standar banyak bermunculan, memiliki harga sewa yang mahal. Dengan harga sewa tersebut, tidak semua orang bisa bermain disana. Lapangan olahraga dikomersilkan, inilah sisi lain dari ketersediaan sarana di Yogyakarta.

Futsal sebagai gaya hidup juga dikatakan Taufikkurrahman (29), pelatih atlit di Asrama PPLP ini menuturkan, futsal tidak hanya sebatas pada olahraga saja. “kalau sekarang banyak orang yang bermain futsal karena kebutuhan akan olahraga, masyarakat sudah sadar akan arti pentingnya olahraga bagi tubuh mereka” ujar Taufik yang juga mengaku sering bermain futsal namun tidak rutin.

Namun menurutnya ada satu hal yang disayangkan dari meningkatnya animo masyarakat tentang olahraga yang satu ini. Taufik menuturukan, melihat maraknya bangunan lapangan futsal, sayangnya sebagian besar dibangun di dalam ruang. Padahal, bila disangkut pautkan pada ketersediaan RTH (Ruang terbuka Hijau) di Yogyakarta, “Seharusnya lapangan sepak bola menjadi penyumbang RTH. Tapi, karena lapangan futsal banyak dibangun di ruang tertutup, hal itu menjadi lain soal” ujarnya.

Masih menurut Taufik, lapangan olahraga merupakan komponen utama RTH kota atau paru-paru kota yang membuat kota menjadi sehat. “Ketersediaan RTH berupa lapangan olahraga merupakan sarana olahraga yang efektif bagi anak – anak hingga orang dewasa, pas sekali dengan motto memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat” ujar Taufik yang telah melatih berbagai atlit di Asrama PPLP.

Baik Taufik, Ardi, Alfian dan Andriyani, sepakat mengharapkan budaya berolahraga terutama futsal terus ditingkatkan, perkembangan futsal yang memasuki gaya hidup perkotaan seharusnya lebih didukung peran pemerintah untuk menyediakan sarana murah dan nyaman untuk berolahraga. ● Purnama Yudha / 153020235 ●


3 comments:

rendra said...

Mengundang temen2 tim futsal di sekitr yogya dalam " RGB futsal competition" at Bardosono II (utara kampus III UAD) pada tanggal 10-13 JUni 2009. Total hadiah 2,5 jt

Pendaftaran : 1 -8 Juni 2009
di Fakultas Geografi UGM ato Bardosono 1 (jl Godean) ato Bardosono 2 (Jl GLagahsari, Janturan, Umbulharjo)Biaya pendaftaran 150.000/tim
CP rendra5755@gmail.com

Anonymous said...

Turnamen "Empat R" Futsal Cup 2009, 18-19 agustus 2009 dengan total hadiah 10 jt!!!

Pendaftaran hanya 175 rb, palinglambat 17 Agustus 2009.
Sistem Gugur.

informasi dan pendaftaran :
Empat R Futsal Jl Parang tritis no 161 Yogya tlp 372692, 8226697

radendanou said...

Asrama PPLP tuh apa Bro??? maksud saya, singkatan dari apa PPLP??

Artikel Sejenis

Kata Adalah Senjata Copyright © 2008 by raft282 Template by Dicas Blogger
 

Kata adalah Senjata © 2008 Template by Dicas Blogger.

TOPO