Sunday, January 25, 2009

Wilders Di Sidang!

Sutradara Film Fitna Menuai Konsekuensinya

Masih ingat dengan nama GEERT WILDERS? Ya, sutradara Film kontroversial ini akan mendapat konsekuensi di Pengadilan Banding Amsterdam (21/1). Pengadilan memerintahkan jaksa penuntut untuk membawa anggota parlemen Belanda itu ke meja hijau dengan dakwaan memicu kebencian dan diskriminasi kepada muslim.

Dengan melecehkan simbol-simbol Islam, dia juga menghina pemeluk agama tersebut” ujar panel hakim dalam keputusannya seperti dikutip AFP dalam Harian Radar Jogja. ”Dalam sistem demokrasi, pidato yang menebarkan kebencian bisa dikategorikan sebagai pelanggaran serius dan karena itu perlu diselesaikan secara hukum.”

Kasus tersebut harus berlanjut ke Pengadilan Banding Amsterdam setelah di pengadilan yang lebih rendah Wilders dianggap tak bersalah secara hukum berdasar asas kebebasan berekspresi. Namun masih belum jelas kapan persisnya sutradara film provokatif yang berjudul Fitna itu akan ditampil di sidang. Yang pasti, penyelidikan kasus penhinaan kepada Islam yang dilakukan Wilders tersebut akan segera dilakukan.

Wilders memicu kemarahan muslim di Belanda dan berbagai negara lain, termasuk Indonesia, karena berbagai ulahnya yang sangat Anti-Islam. Politikus Ultra-Kanan itu misalnya, pernah mengkampanyekan agar Al-Quran dicekal di Belanda karena dia nilai Fasis. Film Fitna dalam bahasa Sekjen PBB Ban Ki-moon, juga ”sangat ofensif anti-Islam”. (Radar Jogja, 22/1)

No comments:

Artikel Sejenis

Kata Adalah Senjata Copyright © 2008 by raft282 Template by Dicas Blogger
 

Kata adalah Senjata © 2008 Template by Dicas Blogger.

TOPO