Monday, September 22, 2008

viSi dan miSi : esenSi penting dari organisaSi dan instanSi

Akhir – akhir ini saya sering sekali mendengar kata “viSi dan miSi” dalam pembicaraan sehari-hari, di kampus, di koran, maupun dalam diskuSi di TV. Saking populernya dua kata ini, hampir semua golongan dari petinggi di perusahaan besar, mahasiswa, anggota DPR, menteri, sampai sopir takSi bahkan sampai sopir bajaj rata-rata fasih menyisipkan kata ‘viSi dan miSi’, contohnya saja :

Mahasiswa : Pemerintahan SBY tidak memiliki viSi dan miSi yang jelas! Direktur Perusahaan besar : Tahun ini profit kita menurun, maka dari itu manajemen mengadakan special meeting di paris untuk membahas dan menganalisa viSi dan miSi perusahaan kita Politikus(busuk): Karena viSi dan miSi kita sejalan, maka sah – sah saja jika partai kita berkoalisi…apalagi kita sudah lama bekerja sama (nyolong uang negara-red)

Seperti layaknya kata-kata lain yang mengalami inflaSi makna (seperti globalisaSi, demokraSi, reformaSi,dll), maka ‘viSi dan miSi’ juga begitu. Kebanyakan orang pada akhirnya menganggap bahwa viSi dan miSi hanyalah rangkaian kata-kata panjang yang dibingkai di conference room ataupun di website suatu organisasi/perusahaan. Tak heran dulu saya mendefinisikan arti viSi dan miSi adalah. sbb;
miSi : Rangkaian kalimat aneh dan ngga nyambung yang menunjukkan ketidakmampuan menejemen untuk berpikir jernih. viSi : Sedikit lebih tidak jelas dari miSi.

Jadi / So… viSi dan miSi apakah memang menjadi esenSi dalam organisaSi / instanSi??
Tentu saja perlu. Seperti kutipan dari viSi Sony di tahun 1950-an :

Lima puluh tahun dari sekarang, nama kami akan dikenal diseluruh dunia…dan akan bersaing dalam inovasi dan kualitas dengan kompetitor dimanapun didunia.…. Saat itu, “Made in Japan” akan berarti sesuatu yang bagus, bukan sesuatu yang jelek (Sony, tahun 1950-an)

Saat itu Sony hanyalah perusahaan kecil yang baru mulai. Jepang juga baru bangun dari puing-puing Perang Dunia II, dari trauma Hiroshima-Nagasaki. Ungkapan bahwa “Made in Japan” akan menjadi sesuatu yang berarti sesuatu yang bagus dan berkualitas, pada saat itu benar-benar impian. Namun dengan dengan viS yang sangat kuat, ternyata Sony tidak membutuhkan 50 tahun untuk mencapai viS tersebut ; di tahun 90-an Sony sudah menjadi salah satu merek yang sangat mendunia bahkan bisa dikatakan sudah “menjajah” negara-negara barat.
viSi dan miSi memang perlu ; tapi yang lebih perlu adalah memahami apa sebenarnya makna dari kedua kata tersebut. Untuk sedikit lebih mengetahui tentang viSi dan miSi, mari kita lihat diagram berikut :


viSi menggambarkan keadaan yang ingin kita capai dimasa depan, sesuatu yang akan menjadi tujuan suatu organisaSi dalam jangka panjang. Bangsa Indonesia pernah memiliki suatu angkatan yang sangat kuat viSinya yakni Angkatan 1928. Angkatan inilah yang untuk pertama kalinya menyatakan bahwa Indonesia Merdeka adalah tujuan perjuangan mereka. Contoh lain untuk viSi yang kuat adalah viSi Microsoft diawal pendiriannya yakni ”A computer on every desk. “
miSi digunakan untuk mendeskripsikan keadaan sekarang, siapakah kita, dimanakah kita sekarang (dari perspektif waktu), apa kekuatan kita, dan lain-lain. Dengan mengambil contoh angkatan 28, kita bisa katakan bahwa miSi mereka adalah kalimat dalam Sumpah Pemuda “Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku berbangsa satu, Bangsa Indonesia.” Dari dunia industri, Eastman Kodak memberikan contoh miSi yang bagus : “We are in picture business.”
Sehingga jelaslah, cara atau wahana yang membawa kita dari keadaan sekarang untuk mencapai cita-cita yang diinginkan itulah yang disebut strategi. Rencana pembangunan lima tahun termasuk dalam strategi. Business planning suatu perusahaan termasuk strategi.
Kesimpulannya, viSi dan miSi suatu organisasi/perusahaan/bangsa bolehlah panjang ataupun malah pendek-pendek saja, yang penting maknanya bisa dipahami. Yang utama adalah viSi dan miSi itu benar-benar memberikan inspiraSi kepada anggotanya/karyawannya/rakyatnya untuk berusaha keras mencapai tujuan.

2 comments:

Anonymous said...

Jelas sudah pak bagi saya apa itu visi dan misi. Bagaimana kita bisa ter-inspirasi kalau artinya saja masih belum jelas...:-), tks p Yudha.

P.Yudha.H said...

terima kasih atas masukannya...

Artikel Sejenis

Kata Adalah Senjata Copyright © 2008 by raft282 Template by Dicas Blogger
 

Kata adalah Senjata © 2008 Template by Dicas Blogger.

TOPO